Saturday 18 January 2014

Lima Logam yang paling berharga

Lima Logam yang paling berharga
1. Rhodium
Rhodium adalah logam dunia yang paling berharga. Logam ini mengkilat dan berwarna keperakan. Rhodium paling banyak digunakan pada aplikasi katalitik di dalam industri otomotif. Titik leburnya yang tinggi dan kemampuannya untuk menahan korosi memungkinkan rhodium untuk menjadi tambahan yang penting dalam bidang industri. Rhodium adalah logam yang sangat langka dan berharga dan hanya ditemukan di beberapa tempat. Sebagian besar rhodium berasal dari Afrika Selatan, diikuti oleh Rusia. Karena langka, harganya mencapai $80,000 per kilogram pada 2010.
2. Platinum
Ditemukan di Afrika Selatan, Rusia, Kanada dan negara-negara lain, platina telah mempopulerkan namanya karena kelenturan, kepadatan dan sifat non-korosifnya. Selain itu, platina mirip dengan paladium pada kemampuannya untuk menahan hidrogen dalam jumlah besar. Logam berharga terkenal di dunia perhiasan karena kilau dan ketahanan yang luar biasa. Platinum juga digunakan dalam bidang-bidang lain seperti kedokteran gigi, persenjataan dan aeronautika. Saat ini, harganya mencapai $53,500 per kilogram.
3. Emas/Gold
Sejak dulu, emas telah memikat semua orang. Karena, daya tahan, keinginan dan kelenturan, emas tetap menjadi salah satu logam yang paling populer sebagai pilihan investasi hingga saat ini. Untuk tahun 2009, harga rata-rata untuk emas adalah $ 950 per ounce ($ 30,645 per kilogram), namun harga untuk tahun 2010 melompat lebih tinggi ($ 43,000 per kilogram). Penambang emas terbesar diantaranya Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia dan China.
4. Paladium
Paladium merupakan kelompok logam mulia. Paladium banyak dibutuhkan di industri : industri otomotif mengandalkannya pada catalytic converter untuk mengurangi emisi, perhiasan untuk membuat paduan"emas putih", dan produsen elektronik memiliki menngunakannya untuk pelapis karena konduktivitasnya yang sangat baik. Harga rata-rata kumulatif untuk 2009 adalah $ 263 per troy ounce ($ 8,483 per kilogram), namun saat ini melonjak ke angka $ 676 per troy ounce ($ 21,733 per kilogram). Hampir setengah dari paladium dunia berasal dari Rusia pada tahun 2009, diikuti oleh Afrika Selatan, Amerika Serikat, Kanada dan berbagai negara lain.
5. Rutenium
Rutenium ditemukan antara bijih logam kelompok platina di seluruh wilayah Rusia dan Amerika, termasuk daerah-daerah padat nikel dari Kanada. Rutenium dapat ditambahkan sebagai paduan untuk platinum dan paladium dalam rangka meningkatkan kekerasan (untuk perhiasan) dan resistensi yang lebih baik (terhadap agen korosif, terutama dengan titanium). Rutenium telah menjadi sangat populer dalam bidang elektronik, sebagai cara untuk secara efektif pelat kontak listrik. Harga rata-rata rutenium adalah $ 420 per troy ounce ($ 13,548 per kilogram).

No comments:

Post a Comment