Thursday 6 February 2014

Peralatan Gambar Teknik 2

2. Pensil
      Untuk menggambar teknik manual pensil digunakan sebagai awalan atau pemula. Hal itu dikarenakan pensil mudah untuk dihapus sehingga jika terjadi kesalahan akan mudah untuk diperbaiki langsung. Pensil yang digunakan untuk menggambar teknik berbeda dengan pensil yang untuk menulis biasa. Pensil gambar biasanya mempunyai tingkat kekerasan ataupun kelunakan yang tertera dibatang pensil. Batang pensil untuk gambar biasanya berbentuk segi enam sedangkan pensil  untuk menulis berbentuk bulat.
     Ada empat  tingkat kekerasan pensil gambar, yang masing-masing golongan masih dibagi lagi dalam beberapa tingkat kekerasan. 
- H = Hard (keras)
- B = Black (hitam)
- HB = Half Black (setengah hitam)
- F = Firm (teguh/kokoh)
    Agar dapat digunakan pensil harus diruncingkan dulu ujungnya atau diraut. Peraut pensil dapat menggunakan rautan yang sudah ada atau menggunakan amplas. Ada dua jenis bentuk ujung pensil yaitu: pensil berujungnya bulat dan runcing atau pensil berujung pilih dikedua sisinya sehingga ujung pensil menjadi tipis atau dikenal dengan bentuk baji. Kedua bentuk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri sehingga kegunaannya juga berbeda. 
     Untuk saat ini sudah banyak orang yang menggunakan pensil mekanik yang dapat diisi ulang. Isi dari pensil mekanik memiliki  tingkat kekerasan yang bermacam-macam demikian juga dengan ukuran diameter isinya juga dapat disesuaikan dengan ukuran tebal garis, sehingga tidak perlu diasah jika tumpul tetapi dapat langsung diganti. Ukuran diameter pensil ini meliputi: 0,3mm, 0,5mm, 0,7mm dan 0,9 mm dan kekerasannya terdiri dari HB atau F, H, 2H dan 3H. Supaya hasil dari garis yang dibuat dengan pensil mekanik baik, maka pensil terhadap mistar harus mempunayi sudut 90 derajat, sedang kecondongan dari arah gerakannya bersudut antara 80 - 90 derajat. 
3. Pena
     Pena adalah alat tulis yang menggunakan tinta, sehingga hasil garis atau gambar yang dihasilkan lebih bagus warnanya dan lebih awet dibanding pensil yang hanya menggunakan arang/karbon. Pena yang digunakan untuk menggambar teknik ada dua jenis yaitu pena tarik atau dikenal dengan nama Trekpen dan Marspen atau Rapido. Perbedaan dari dua jenis pena ini adalah sebagai berikut:
        a. Pena Tarik / Trekpen :
      Pena Tarik atau Trek Pen adalah pena yang pertama dipakai sebelum ada Rapido. Pena Tarik / Trek Pen ini dalam penggunaannya harus benar-benar terampil dan hati-hati. Pengisian tintanya belum menggunakan tabung, hanya daun pena yang kapasitasnya sangat kecil sehingga harus sering melakukan pengisian ulang. 
       b. Rapido:
     Rapido adalah pena yang sudah modern dan lebih akurat dalam pengaturan ketebalan garis. Banyak keuntungan dari pena Rapido ini bila dibandingkan dengan pena tarik atau trek Pen:
  1. Tempat tinta menggunakan tabung, sehingga isi nya lebih banyak, maka kita tidak perlu sering mengisi tinta.
  2. Tinta berada dalam tabung sehingga tidak mudah tumpah dan tidak cepat kering, serta dapat digunakan unuk jangka waktu yang lebih lama. 
  3. Ukuran ujung pena banyak ukurannya, untuk mengatur tebal atau tipis nya garis sangat akurat, sebab kita tinggal pilih ujung pena yang kita kehendaki sesuai ukuran tebal garis yang akan dibuat.

4. Jangka
       Untuk membuat gambar lingkaran, membagi garis atau sudut menjadi beberapa bagian yang sama dalam dalam gambar kita gunakan alat bantu jangka. Konstruksi dari jangka pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian yang disambungkan menggunakan engsel, sehingga besar kecilnya dapat diubah.
Jangka berdasarkan ukurannya dibedakan menjadi 3 yaitu: jangka kecil ( untuk membuat lingakaran jari-jari 5-30mm), jangka sedang( untuk membuat lingkaran jari-jari 20-100 mm) dan jangka besar untuk membuat lingkaran dengan jari-jari 100-200mm.
      Berdasarkan jenisnya jangka dibagi 2 yaitu jangka pegas dan jangka orleon.Untuk membuat lingkaran dengan jari-jari yang lebih besar lagi, misalnya diameter lebih dari 250 mm kita gunakan jangka batang. Kelebihan jangka ini adalah dudukan jarum dan pensil dapat ditekuk. Kemudian untuk membagi garis atau memindahkan garis kita gunakan jangka pembagi. Jangka ini dapat kita gunakan untuk membagi sebuah garis lurus menjadi beberapa bagian yang sama atau untuk membuat tanda-tanda jarak yang sama.

No comments:

Post a Comment