Wednesday 30 April 2014

Boring Machine

Pengeboran (boring) proses kerjanya hampir sama dengan pembubutan. Baik pengeboran maupun pembubutan sama-sama menggunakan perkakas mata tunggal. Pembubutan mengerjakan diameter luar sebuah benda kerja sedangkan pengeboran mengerjakan diameter dalam suatu lobang. Jadi sebenarnya pengeboran merupakan proses  pembubutan sisi dalam suatu benda kerja. Perkakas mesin yang digunakan untuk operasi pengeboran disebut mesin pengeboran (boring machines) atau (boring mills).
Jenis-jenis mesin bor
Berdasarkan letak sumbu putar spindel dan bendakerja, mesin pengebor dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu :

  • mesin pengebor horisontal (horizontal boring machine), dan
  • mesin pengebor vertikal (vertical biring machine).
Mesin pengebor horizontal (horizonal boring machine)
Mesin pengebor horizontal digunakan untuk melebarkan lobang, baik tembus maupun buntu, dengan posisi operasi mendatar.
 




Pengoperasian mesin pengebor horisontal ini dapat dilakukan dengan dua cara, seperti ditunjukkan dalam gambar berikut ini.

 






(a)    Benda kerja diputar oleh spindel, sedang perkakas dipasang pada batang pendukung pengeboran dan dihantarkan ke bendakerja. Untuk mendapatkan kekakuan yang tinggi batang pendukung dibuat dari bahan karbida, yang memiliki modulus elastisitas mencapai 90 x 106 lb/in. 2 (620 x 103 MPa).
(b)    Perkakas dipasang pada batang pendukung yang disangga pada kedua ujungnya dan diputar diantara pusatnya. Bendakerja dipasang pada mekanisme penghantar dan dihantarkan kepada perkakas yang melewatinya, dimana untuk pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mesin bubut.

Mesin pengebor vertikal (vertical boring machine) 

Vertical boring machine juga disebut dengan vertical turning machine. Hal  ini dikarenakan selain untuk pelebaran lobang silindris, mesin jenis ini dapat digunakan untuk proses pembubutan dengan posisi benda kerja vertikal.
Benda kerja dipasang pada meja kerja yang dapat diputar relatif terhadap dasarnya. Alat potong dipasang pada kepala perkakas yang dapat menghantarkan alat potong secara horisontal dan vertikal relatif terhadap benda kerja. Satu atau dua kepala dipasang pada rel melintang yang dirakit dengan rumah perkakas mesin di atas benda kerja. Perkakas yang dipasang di atas benda kerja dapat digunakan untuk pembubutan muka atau pengeboran. Disamping itu satu atau dua perkakas tambahan dapat dipasang pada kolom samping untuk melakukan pembubutan pada diameter luar benda kerja.
Kepala perkakas yang digunakan pada pengeboran vertikal kadang-kadang berupa turet sehingga dapat membawa beberapa perkakas potong. Hasilnya, hampir tidak ada lagi perbedaan antara mesin ini dengan bubut turet vertikal (vertical turet lathe, VTL). Beberapa perkakas mesin yang dibangun terdapat sedikit perbedaan yaitu VTL digunakan untuk bendakerja dengan diameter sampai dengan 100 in (2,5 m), sementara VBM digunakan untuk diameter yang lebih besar. Juga, mesin pengebor vertikal sering digunakan untuk satu jenis pekerjaan, sementara bubut turet vertikal digunakan untuk sekumpulan produksi.



No comments:

Post a Comment